HEALTH PERKS OF RESIDENCE VEGETATIONS
Uncategorized

4 Mitos Gunung Merapi

Gunung merapi merupakan gunung berapi aktif yang memiliki ketinggian 2.930 mdpl, yang berada di perbatasan jawa tengah dan Yogyakarta.

Artikel

Gunung merapi ini sangat berbahaya karena mengalami erupsi dua sampai lima tahun sekali, pada tahun 1548 gunung merapi ini meletus sebanyak 68. Setelah itu gunung merapi ini pernah meletus hebat pada tahun 1961 dan 2010. Erupsi besar pada tahun 2010 menewaskan sosok juru kunci yang sangat terkenal yaitu mbah marijan.

Beberapa desa yang berada di lereng gunung merapi juga hangus tertutup awan panas, pasir, lava pijar, dan kerikil dan dibalik dari fenomena erupsi yang sering terjadi, terdapat cerita mistis yang telah beredar di kalangan masyarakat setempat.

4 Mitos Gunung Merapi

Ada beberapa mitos gunung merapi yang dapat anda ketahui, sebelum anda melakukan pendakian atau sebagai pengetahuan saja tentang mitos dari gunung merapi. Berikut mitosnya, yaitu:

  1. Terdapat keratin di gunung merapi

Gunung ini berada di 4 wilayah kabupaten sekaligus diantaranya sleman, klaten, magelang, dan boyolali tersebut memiliki tempat yang angker. Tempat angker yang berada di gunung merapi yaitu kawah merapi yang digunakan sebagai istana dan pusat dari keraton makhluk halus gunung merapi.

  1. Pintu gerbang keraton merapi yaitu gunung wutoh

Gunung wutoh merupakan pintu gerbang utama keraton merapi yang dijaga makhluk halus bernama nyai gadung melati yang bertugas untuk melindungi lingkungan didaerah gunungnya seperti tanaman dan hewan.

  1. Terdapat pasar bubrah

Pasar bubrah merupakan tempat angker yang berada di bawah puncak gunung merapi dan berisi batuan serta pasir, yang dipercaya sebagai pasar besar keraton merapi, batu besar yang berserakan yang berada didaerah tersebut dianggap sebagai warung dan juga meja kursi dari makhluk halus.

  1. Terdapat bunker angker

Bunker tersebut memiliki tangga menurun dan kondisi didalam bunker tersebut gelap dan mempunyai ruangan yang mirip dengan ruang kelas dan berbentuk setengah lingkaran, karena bekas lahar panas yang sudah membatu dan ada suara menangis dari bunker tersebut.

 

Bagi anda yang ingin melakukan pendakian ke gunung merapi, ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu hal-hal apa saja yang pernah terjadi. Sehingga anda dapat mengantisipasi agar tidak terjadi hal yang buruk.