Uncategorized

3. Penyebab Anak Bau Mulut yang Sering Diabaikan

Bau mulut memang berpotensi kuat menghilangkan rasa percaya diri. Hal ini ternyata juga sering dialami oleh anak-anak dan membuat mereka terganggu. Biasanya penyebab bau mulut yang paling utama adalah karena bakteri yang terdapat didalam mulut. Sering diabaikan, ternyata bau mulut justru bisa memengaruhi perkembangan potensi anak lho!

Ya, ketika seorang anak mengalami bau mulut, mereka aka merasa dikucilkan dari teman-temannya. Banyak orang tua yang belum menyadari bahwa hal ini bisa merusak lingkungan pertemanan anak dengan sebayanya. Nah, tiga faktor berikut ini menjadi penyebab anak bau mulut yang sering tidak diperhatikan. Apa saja?

1.      Adanya Infeksi Mulut

Seorang anak ternyata bisa juga mengalami infeksi mulut yang kemudian berlanjut pada bau mulut. Sebagian besar anak memang memiliki masalah bau mulut yang belum begitu parah. Namun, apabila bau mulut terdeteksi karena infeksi atau sinusitis dan semacamnya, gejala yang paling terlihat adalah kondisi napas dari anak tersebut yang juga mengalami gangguan.

2.      Sisa Makanan

Adanya sisa makanan yang tidak dibersihkan secara maksimal bisa menjadi penyebab bau mulut. Seorang anak kemungkinan besar akan malas ketika disuruh untuk menggosok gigi secara teratur. Nah, kebiasaan inilah yan menyebabkan bau mulut karena sisa makanan tidak bersih secara sempurna.

3.      Jenis Makanan Tertentu

Mengonsumsi jenis makanan tertentu merupakan faktor lain yang bisa menyebabkan anak mengalami masalah bau mulut. Ya, ketika seorang anak mengonsumsi makanan atau obat-obatan tertentu, hal tersebut berpengaruh pada kondisi di dalam mulut mereka. Makanan seperti coklat, kopi dan semacamnya.

Bau mulut menjadi salah satu permasalahan yang sebaiknya segera ditangani. Seorang anak yang mengalami masalah bau mulut, tentu akan berpengaruh pada perkembangan sosial mereka. Itulah sebabnya, perlu mendapat solusi yang tepat ketika mereka mengeluhkan masalah ini kepada orang tua. Cara mengatasinya adalah dengan menjaga kebersihan mulut serta berkonsultasi ke dokter bila kondisi tersebut tidak membaik.

Itulah tiga penyebab anak bau mulut yang sering terjadi dan harus diatasi. Faktor bau mulut yang disebabkan oleh infeksi mulut sebaiknya juga dikonsultasikan ke dokter karena bisa berakibat buruk bagi kondisi kesehatan anak secara menyeluruh. Semoga bermanfaat!