HB atau hemoglobin adalah sebuah protein yang bisa anda temukan di sel darah merah. Tugas dari HB ini lebih pada mengangkut oksigen yang ada dalam tubuh. Sehingga jika fungsi tersebut kurang terpenuhi, maka akan berakibat fatal bagi kesehatan. Untuk mengatasinya, anda perlu mengkonsumsi makananan untuk meningkatkan HB. Berikut penjelasannya untuk anda.

Beberapa Makanan yang Pas untuk Meningkatkan HB

  1. Daging Sapi

Olahan pertama yang bagus untuk meningkatkan HB adalah daging sapi. Asal anda tahu, bahwa makanan daging rendah lemak atau yang sudah digiling sangat bagus untuk meningkatkan kadar hemoglobin yang ada dalam darah. Di dalam daging ini juga mengandung zat besi yang berfungsi untuk meningkatkan produksi hemoglobin, sehingga sel darah akan tetap tercukupi.

  1. Jeroan

Selain daging, bagian jeroan sapi juga bagus untuk meningkatkan hemoglobin bagi tubuh, perdarahan pada riset menunjukkan bahwa untuk 100 gram jeroan, akan mengandung sekitar 6,5 mg zat besi yang mampu meningkatkan hemoglobin. Agar lebih maksimal, maka anda bisa mengkonsumsinya secara rutin yaitu 1 hingga 2 kali dalam sebulan.

  1. daging Ayam

Makanan selanjutnya ada daging ayam, terutama pada bagian pada atau dada. Ayam bagian paha atau dada ini dipercaya oleh masyarakat memiliki kadar zat besi yang tinggi. Sehingga mampu meningkatkan kadar hemoglobin bagi tubuh. Namun yang perlu diperhatikan sebelum mengkonsumsinya yaitu sebaiknya masak daging dengan matang terlebih dahulu.

Olahan makanan dengan bahan daging sapi, ayam, dan juga jeroan sapi tersebut sangat bagus untuk meningkatkan hemoglobin pada tubuh. Hal ini bisa terjadi karena makanan tersebut memiliki kandungan zat besi yang melimpah. Dimana zat tersebut menjadi salah satu sumber nutrisi yang mampu meningkatkan HB.